Sabtu, 29 November 2008

Tips Merawat Baterai Laptop

Dari sekian lama aku punya laptop, setelah 2 tahun penyelidikan (hehe) akhirnya saya merasakan apa yang kebanyakan pengguna laptop rasakan. Keluhan-keluhan yang sering sekali terjadi pada baterai laptop, yaitu baterai yang drop.

Keadaan baterai drop ini memang sangat menyusahkan, selain karena si pengguna laptop sering tertipu tampilan indikator baterai pada laptop (indikator baterai 100%, tapi baru beberapa menit sudah habis), juga bisa merepotkan karena laptop yang mati secara tiba-tiba (masih untung kalau dokumen sempat kita simpan, kalo tidak?).

Nah, berikut tips sederhana untuk merawat baterai laptop:

  • apabila laptop dalam keadaan menyala sebaiknya jangan sambil melakukan charge, terkecuali baterai benar-benar akan habis. Hal ini agar menghindari charge dalam keadaan baterai penuh.
  • apabila adaptor charge atau AC power sedang tersambung, cabut baterai laptop. Sehingga laptop menyala murni dengan bantuan listrik langsung (tanpa baterai).
  • apabila ingin mengecharge, alangkah baiknya laptop dalam keadaan mati. Dan apabila sudah penuh, jangan dibiarkan charge terus-menerus.
  • jangan meminjam adaptor charge dari laptop lain, karena siapa tahu biarpun memiliki bentuk yang sama tapi sebenarnya untuk tipe laptop yang berbeda (output ke laptop berbeda). 
  • paling tidak, dalam 1 bulan sekali, anda harus memakai laptop hingga baterainya benar-benar habis saat dipakai (dikosongkan), sesudah itu baru anda charge ulang.

Itulah tips yang sangat sederhana untuk dapat diperhatikan pengguna laptop sekalian..

Tidak ada komentar: